'ADAL ( العدل )

Minggu, 22 Januari 2012

بســــــم الله الرحمن الرحيم

'ADAL
----------
'ADAL : pengalihan isim dari satu keadaan lafadz ke keadaan yang lain dengan masih tetapnya makna aslinya.dengan syarat: 
1. perpindahan tidak lil qolb (prubahan bentuk) : 
==   أيس   perubahan dr  يئس
2. tidak untuk meringankan (litakhfif) 
==   فخْذ  takhfif dari   فَخِذ
3. tidak lil ilhaq (mengikutkan) 
==  كَوْثَر  (ditambah wawu) untuk diilhaqkan dg جَعْفَر 
4. tidak untuk mencapai sebuah sebuah nama
== نُهَيْرٌ  tashhir dari نهر 


WAZAN 'ADAL UNTUK ISIM 'ALAM ADA 2:
1.  فُعَل  ma'dul dari فاعِل 
== contoh:
==   عُمَرُ .. زُفَرُ .. زُحَلُ ... ثُقَلُ .. جُثَمُ .. جُمَع ... قُزَف .. دُلَف .. ‎ ‎ yang asalnya
== عامر .. زافر .. زاحل .. ثاقل .. جاثم .. جامع ... قازف .. دالف ...


2. فَعَالِ  'alam untuk muanats, ma'dul dari فَاعِلة  
== contoh:
== حَزَامِ .. رَاقَشِ .. merupakan 'adal dari
== حَازِمة .. رَاقِشة ..  
== contoh penggunaan:
== يا كَذَابِ .. يا خَبَاثِ   yang maknanyaa:
== يا كاذبة .. يا خابثة  


WAZAN 'ADAL PADA SIFAT
1.فُعَل  ma'dul dari فَعلاوات  
== digunakan pada empat lafadz, yang difungsikan sebagai taukid yaitu:
== كتع .. بصع .. جمع .. بطع ..
== yang merupakan 'adal dari
== كَتْعاوات .. جمعاوات .. بصعاوات .. بطعاوات 
== semuanya digunakan untuk mentaukidi muanast yang ma'rifat


2. فُعَال  ma'dul dari bilangan satu sampai sepuluh
== أُحادُ .. ثُنَاءُ .. ثلاث .. عشار merakan ma'dul dari
== واحد واحد .. اثنين اثنين .. ثلاثة ثلاثة .. عشرة عشرة 
3. مَفْعَل  untuk bilangan dari satu sampai sepuluh
== مَوْْحَد .. مَثْنى .. مَثْلث .. مَعْشر .. merupakan ma'dul dari:
== واحد واحد ..اثنين اثنين .. ثلاية ثلاية ..عشرة عشرة ..  


'ADAL ADA 2 MACAM:
1. TAHQIIQIY : yaitu 'adal yang mempunya petunjuk (dalil) ketidak munshorifannya
== contoh:
== سَحَرَ .. أُخَر.. ثُلاث..  
== petunjuk 'adal di atas adalah adanya lafadz yang digunakan orang 'arab yang shighotnya berbeda dengan sighot 'adal di atas (ghoiru munshorif), dan maknanya sama
== سَحَرَ بمعنى السَّحَر  
== اُخَر بمعنى اَخَر 
== ثُلاثُ بمعنى ثلاثة ثلاثة 
== واعلم أن عدل سحر تحقيقي لا تقديري لما عرفت من أنه يدل عليه دليل غير منع الصرف وهو أنه اسم جنس أريد به معين فحقه أن يعرف بأل بخلاف التقديري فإنه لا دليل عليه إلا منع الصرف وليس المراد بالتحقيق ما نطقوا بأصله.
==  ( hasyiyah shoban, jilid 3, maa laa yanshorif)
==
2. TAQDIRIY : yaitu 'adal yang tidak mempunyai petunjuk (dalil) ketidak munshorifannya, akan tetapi para ulama nahwu mendapatinya tidak menerima tanwin (ghoiru munshorif) tanpa ada 'ilat yang cukup akan ketidak munshorifannya. kemudian para ulama mengira-ngirakan 'adal di dalamnya untuk mengantisipasi 'ilat ketidak munshorifaannya hanya 'ilat 'alamiyah saja.
== 'adal ini tertentu untuk kelompok 'alam
== عُمَر.. زُفَر .. 
==========
.
FAIDAH ADANYA ADAL
1. takhfiif (memperingan) 
== a. dg memperingkas : ثلاث  اُخر 
== b. menjembatani dan memunculkan sebagai 'alamiyah yang menjauhkannya dari washfiyah
== عُمَر yang asalnya عامر 


----------
sumber:
1. mausu'ah nahwu shorof i'lal
2. Hasyiyah shoban.


0 komentar:

Posting Komentar