Syaikh Muhammad Mahfudz bin Abdillah bin Abdul Mannan At Tarmasie

Senin, 20 Februari 2012

Biografi al `Allaamah Syaikh Muhammad Mahfudz bin Abdillah bin Abdul Mannan At Tarmasie( 1285-1338).
Muqoddimah.
Segala puji bagi Allah serta rahmat-Nya yang diberikan kepada hamba-Nya. Sehingga kami bisa mencoba manyuguhkan biografi seorang figur ulama nusantara yang terkenal. Baik di nusantara maupun di manca negara. Semoga ilmu-ilmu yang beliau tinggalkan bisa bermanfaat Dunya Wa Ukhro. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Maulana Rosuulillah `Alaihi sholaatu Wassalaam. Serta keluarga dan para Sahabatnya, juga hamba- hambanya yang cinta kepada Beliau..Amiin
Dan semoga tulisan yang sesederhana ini bisa membuat kita bisa selalu semangat serta menekuni " siroh- siroh " beliau.

Alangkah indahnya kata- kata bijak Al Imam Al `Imaad Al Ashfihaani: " aku melihat seseorang yang menulis sebuah tulisan pada suatu hari. kecuali dikeesokan harinya orang tersebut bekata: jikalau tulisan yang belum maksimal ini disalin dengan yang lebih baik. Makah al itu akan lebih baik. Dan apabila tulisan tadi diperluas penjelasannya dengan yang lbh baik. maka akan lebih baik. Intinya, manusia tidak luput dari berbagai kesalahan. Kebenaran hanyalah milik Sang Esa `Azza wajall.

Nama serta nasabnya:

Beliau adalah seorang imam yg alim ahli fiqih, ushul, hadits dan ahli qurro`. Muhammad mahfudz bin abdillah bin abdul mannan, dari daerah tarmas- jawa- makkah-syafi`i madzhaban.

Tanah kelahiran:

Muhammad Mahfudz dilahirkan didesa Tremas, Tremas adalah salah satu desa dikawasan Jawa timur. Tepat pada tanggal 12 jumadil awwal 1285.H awwal kali menghirup udara dunia. Sang Ayah dikala itu berada di makkah al musyarrofah.

Dia dididik dalam asuhan ibu tercinta dan paman- pamannya, kemudian hafal Al -quran serta menimba ilmu- ilmu asasi dari ulama setempat.

Pada tahun 1291.H, ayahnya meminta agar supaya dia datang dan belajar kemakkah. Ketika beliau Sampai dimakah sempat juga belajar pada berbagai kitab- kitab yang ada. Kemudian selang beberapa waktu beliau serta ayahnya pulang ke jawa. Beliau Sempat juga ke semarang dan berguru kepada Syaikh Sholih Bin Umar As-Samaarooni( Semarang).

Tidak lama kemudian hijrah ke makkah untuk yang kedua kalinya. Dan belajar berbagai ilmu serta cabang- cabangnya dari ulama- ulama makkah.Yang mana salah satu guru beliau adalah Sayyid Abu Bakar Muhammad Syattho Al Makki( ketua bagian ilmu Riwayat dan Hadits).

Beliau banyak mengaji kitab-kitab Hadits dan mustholah dari Al `aalim al muhaddits syuyuukhussyaafi`iyyah di makkah yaitu Al allaamah syaikh Muhammad Sa`id Ba bashil. Syaikh Muhammad Mahfudz mengambil qiro`ah 14 dari Syaikh Muhammad As Syarbini Ad Dimyathi Al Misri.

Beliau dikenal sebagai seorang santri yang rajin dan semangat dalam belajar. Hingga pada akhirnya, beliau mendapat izin dari guru- gurunya untuk mengajar. Baik dirumah beliau atau dimasjidil haram. Adapun tempat mengajar yaitu di Babus Shofa.

Sifat- sifat dan akhlaq beliau:
Syaikh Muhammad mahfudz At Tarmasie dikenal berakhlaq mulia, wira`I, qona`ah, lemah- lembut dalam pergaulan serta tidk mau melakukan sesuatu yang tidak bermanfat.

Guru-guru Syaikh Muhammad mahfudz:

1. Al `Allaamaah syaikh musthofa bin Muhammad bin sulaiman al `Afifi al Makki as-Syafi`i. lahir didesa `afiif daerah Mesir. Hafal Al- Qur`an beserta tajwidnya. Banyak hafal matan- matan kemudian disampaikan ke Masyayikh Al- Azhar. Belajar dari berbagai ulama Al-Azhar,seperti: Syaikh Musthofa Al-Buulaqi. kemudian belajar dimakkah yang salah satu gurunya adalah syaikh Jamal Al- Hanafi serta ulama` makkah lainnya. Setelah beberapa waktu Syaikh Musthofa mendapat izin untuk mengajar di masjidil haram. Syaikh Mahfudz berkata: " aku belajar dalam majlis `ilmi syaikh Musthofa "Syarhul muhaqqiq al mahalli ala jam`il jawaami`"dan " mughni al-labiib".

Syaikh Musthofa `afifii Al Misri wafat dan dimkamkan dimakkah, pd tahun: 1308.H semoga Allah merahmati beliau.

2.Al Allaamaah Syaikh Abu Bakar bin Muhammad Zainal Abidin Syattho As- syaafi`I Al- Makki. Beliau lahir di makkah pada tahun: 1226.H dan hafal Al -Qur`an pada usia 7 th. Hafal juga bermacam- macam matan ilmu Qiro`ah, fiqih Syafi`I, Faro`idh, Nahwu serta balaghoh. Kemudian berguru kepada syaikh sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan mengambil ilmu darinya. Beliau jg mendapatkan ijazah untuk mengajar dimasjidil haram. Yang mana salah satu muridnya adalah Syaikh Muhammad Mahfudz.

Karangan-karangan Syaikh Abu Bakar diantaranya adalah:

1. Hidayatul adzkiya` ila thoriiqil auliya`.
2. Dan syarhnya: "kifayatul atqiya wa minhajul ashfiya`".
3. "Nafhaturrohman fi manaqibi as-sayyid ahmad zaini dahlan".
4. "I`anatut tholibin `ala hilli alfaadzi al fathil mubien".

Syaikh Mahfudz berkata: " beliau adalah panutan kita yg mulia, dan aku mendapatkan inspirasi serta berbagai ilmu dari belia. yang terdiri dari ilmu syarii`at, Adab, Nahwu, Shorof, ilmu fiqih dan ushulnya. Yang mana ilmu- ilmu tersebut sudah didalami oleh Syaikhul Azhar Abdullah As Syarqoowy Al Misri.

3. Al Allaamaah syaikh Umar bin Barokat bin Ahmad As Syaami Al Buqoo`ii Al Azhari Al Makki As Syaafi`i. Beliau lahir didesa Buqoo`, th: 1245.H. sejak kecil belajar didaerahnya sendiri kemudian meneruskan studinya di Damaskus- Suria. Setelah itu meneruskan kembali studinya di Al Azhar ( Mesir). Dibawah asuhan Syaikhul Azhar Syaikh Al Bajuri dan Syaikh As Saqoo. Beliau menimba ilmu di mesir selama kurang lebih 15 th. Seusai dari mesir, pindah kemakkah dan mulai menekuni belajarnya dimasjidil haram.

Karangan-karangan beliau antara lain:

1. Syarh alal `uddah( ilmu fiqh).
2. Matan fi `ilmil bayan.

Syaikh Mahfudz juga mengambil ilmu dari beliau dan seraya berkata :" aku datang kepada beliau untuk mendalami Syarhu syudzuru Ad dzahab( ilmu nahwu). Beliau wafat dimakkah pd th: 1313.H.

4. Al Allaamaah Syaikh Abdullah bin Abdul Mannan At Tarmasie ( ayah syaikh mahfudz). Syaikh mahfudz berkata: " aku menimba ilmu dari ayahku, yg mana diantaranya:
1. Syarhul ghooyah Libni Qoosim al ghoozi.
2. Fathul mu`iin.
3. Syarhul Manhaj.
4. Syarhul hikam Li as syarqoowi Al-Azhari.
5. Tafsir jalalain, hanya saja Cuma sampai pada surat Yunus.
6. Manhajul qowim libni Hajar al Haitami".( kitab manhajul qowiim tersebut sudah di syarahi oleh syaikh mahfudz, kemudian dinamai: " Hasyiyah At Tarmasie " berjumlah 7 jilid). Adapun kitab tersebut sekarang sudah dicetak di: Jeddah- Makkah dan Timur Tengah. Bisa juga kitab tersebut ditemui ditoko kitab Darul ulum islamiyyah- Surabaya. Syaikh Abdulah Bin Abdul Mannaan wafat pd th: 1314.H.

5. Al Allamaah Syaikh Muhammad Al Minsyawi Al- Azhari. Beliau menimba ilmu di bawah naungan para ulama terkemuka mesir, khususnya ulama jaami`il Azhar al Syarief . Seperti:

1. Al Allamaah Syaikh Al Bajuri( Syaikhul Azhar Al syarief).
2. Al Allamaah Syaikh As Saqoo.

Syaikh Minsyawi merupakan seorang pakar disegala bidang ilmu. Selesai belajar dari Al Azhar yaitu pada tahun 12 60.H, beliau melanjutkan studinya dimakkah al mukarromah. Sempat juga belajar dengan Al Allamaah `Utsman Ad Dimyathi Al Misri. Setelah syaikh `utsman ad dimyathi wafat, beliau berguru dengan mufti makkah yg bernama syaikh Ahmad Ad Dimyathi. Ulama` makkah pada waktu itu bemberikan izin kepada syaikh Minsyaawi untuk mengajar dimasjidil haram. Syaikh Muhammad mahfudz berkata: " aku mengambil ilmu qiro`ah beserta tajwidnya dengan riwayat `Aashim Bin Hafs. Dan aku juga mengambil Qiro`ah" syarhul qooshih ala syaathibiyyah, hanya saja tidak sampai selesai. Syaikh Muhammad Al Minsyaawi wafat pd th:1314.H.

6. Al Allamaah Syaikh As Sayyid Azzawaawi Al- Makki Al Maliki.Beliau lahir di makkah pd th:1262.H. Al Qur`an adalah salah satu mata pelajaran yang ditekuninya. Disamping ilmu al qur`an, beliau juga belajar berbagai cabang ilmu. Diantara guru-guru beliau antara lain:

A. Syaikh sayyid Ahmad zaini Dahlan, ilmu yg dipelajarinya adalah: Hadits, Tafsir, Shorof, Nahwu, Ma`aani dan ilmu Bayaan.
B. Al Allaamah syaikh Al Basyuuni al-Misri
C. Al Allaamah Syaikh `Abdul qoodir Al Masyaath.

Syaikh Az Zawaawi selalu mengajar dimasjidil haram, hingga banyak sekali murid-murid beliau. Syaikh Mahfudz berkata: " aku belajar kitab Syarh `uquudul Jumman dan As Syifa` Lihuquuqil Musthofa lil qoodhi `iyyad dari beliau.
Syaikh Az Zawaawi wafat pd th: 1316.H.

7. Al Allamaah Syaikh As Syirbiini Ad Dimyaathi Al Azhari Al Misri. Lahir di desa Dimyath dan masa kecil belajar disana, kemudian belajar dengan para ulama Al Azhar yang terkemuka. Usai dari Al Azhar, beliau melanjutkan studinya di Madunah Al Munawwaroh hanya sebentar. Setelah dari madinah, meneruskan perjalanannya kemakkah yaitu pada tahun:1300.H.

Beliau dipercaya untuk mengajar dimasjidil haram. Syaikh mahfudz berkata:" Syaikh Assyirbiini adalah guruku serta guru peganganku dalam ilmu Qiro`ah. Juga guru para pakar Qiro`ah dimakkah al musyarrofah. Aku ngaji dengan beliau" Syarh Ibnul Qooshih `Ala As Syaathibiyyah", Syarhu Ad Durroh Al Mudiyyah", " Roudlotu An Nadzhiir( lil imam al-mutawalli)", "Syarh Thoibatu an Nasyr Fii Qiroo`ati Al `Asyr", " Syarh Az Zaa`iyyah", " Ithhaaful Basyar Fil Qiroo`at Al Arba`ata Al `Asyr( libnil Bina`)", " serta ringkasan Syaathibiyyah". Aku juga belajar ilmu tafsir " Anwaru At Tanziil Wa Asrooru At Ta`wiil yg terkenal dengan sebutan tafsir Al Baidlowi ".
Syaikh Syirbiini wafat pada th:1321.H.

8. Al Allaamah Syaikh Sholih Al Musnid Muhammad Amiin Bin Ahmad Ridhwan Al Madani. Lahir di madinatul munawwaroh pada tahun: 1252.H. Meriwayatkan hadits dari guru beliau yang bernama syaikh Abdul Ghooni Ad Dahlawy, Syaikh Abdul Hamiid As Syarwaani, Syaikh `Utsman Al- Khorbuuti dan ulama-ulama lain. Salah satu karya Beliau adalah kitab" Tsabat " dan sudah dicetak. Syaikh Mahfudz berkata:" aku ngaji "Dalaa`il ", " Al Ahzab", " Al Burdah", " Awliyaatul `Aijlun " , " Al Muwattho` Lil Imam Malik", kepada beliau. Dan kesemuanya itu aku pelajari sampai selesai dimasjid Nabawi. Akupun diberi ijazah sama beliau, baik secara Musyafahah atau tertulis ".
Syaikh Shoolih wafat pada tahun: 1329.H.

9. Al Allamaah Al Habiib Husain Bin Muhammad Bin Husain Al Habsyi As Syaafi`i. Lahir di Desa Basii`un (Hadro Maut). Beliau memulai belajarnya dengan para ulama terkemuka Hadro Maut. Pernah juga belajar kepada ayahnya serta Sayyid `Idrus Bin `Umar Al Habsyi. Beliau diberi ijazah tentang semua riwayat gurunya. Sempat juga berguru kepada Sayyid Muhammad Bin Abdul Baari Al Ahdali. Kemudian sampai dimakkah belajar fiqh kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Setelah itu mendapatkan izin untuk mengajar dimasjidil Haram. Syaikh Mahfudz berkata:" aku banyak mendengarkan Shohihul Bukhori dari awal sampai akhir dari beliau ".
Al Allaamaah Al Habib Husain wafat pada tahun:1330.H.

10. Al Allaamaah Muhammad Sa`iid Babashiil al Hadromi As Syaafi`i Al Makki. Beliau adalah seorang mufti As Syaafi`iyyah dan guru para ulama dimakkah. Lahir dimakkah pada tahun: 1245.H dan selalu menghadiri pelajaran yang disampaikan oleh Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Beliau menjadi pemimpin pengajar dimasjidil Haram.

Karangan- karangan beliau diantara lain adalah:

1. Al Qoulul Majdi Fi Ar Roddi `Ala Abdillah Bin Abdirrohman As Sandi.
2. Risaalatun Fiima Yata`allaqu Bil A`dzo`il Al Sab`ah.
3. Risaalatun Fii at Tahdziir Min `Uquuqil Waalidain Wa Qothii`ati Ar- Rohim.
4. Risalatun Fii Adzkaaril Haj Al Ma`tsuroh Wa Adabi As Safar Wa As Ziaaroh.
5. Risaalatun Fil Ba`tsi Wa An Nutsuuri Wa Ahwaalil Al Mauta Wal Qubur.

Syaikh Mahfudz berkata:" aku hadir dimajlis beliau dalm pelajaran Sunan Abii Daawud, Sunan Tirmidzi, dan Sunan Nasa`I". Syaikh Muhammad Sa`iid wafat pada tahun: 1330.H.

11. Al Allaamah Syaikh Muhammad Sholih Bin `Umar As Samaarooni( Semarang). Syaikh Mahfudz berkata:" aku hadir dan belajar dengan beliau Tafsir Jalalain (dua khataman), " syarh Syarqoowi `alal Hikam ", "Wasiilatu At Tholaab " dan Syarh Al Mardiini( ilmu falak).

Adapun Murid- murid syaikh Muhammad Mahfudz antara lain:

A. Al Allaamah Ali Bin Bin Abdillah Bin Muhammad Arsyad Bin Abdillah Al Banjaari Al Indunisi Al Makki As Syaafi`i. Lahir dimakkah pada tahun: 1258.H. Beliau selalu berguru kepada Sayyid Abu Bakar Syaatho dan Syaikh Sa`iid Yamaani. Syaikh Ali juga belajar kepada Syaikh Mahfudz tentang ilmu fiqh dan nahwu. Beliaupun juga diberikan izin guru- gurunya untuk mengajarkan ilmunya dimasjdil Haram. Syaikh Ali merupakan salah satu tujuan para murid untuk memperdalam ilmu agama. Salah satu karangan beliau adalah" Al Kaukabul Barri fii Tsabati Al Banjari". Syaikh Ali pulang ke rahamatullah pada tahun: 1348.H.

B. Al Allaamaah Syaikh Muhammad Dimyathy At Tarmasie( saudara Syaikh Mahfudz). Yang mana beliau wafat pada tahun: 1354.H.

C. Al Allaamah Syaikh `Umar Bin Abi Bakar Bin Abdillah Bin Umar Bin Ali Bin Muhammad Baajaniid Al Hadromi. Lahir di hadromaut pada tahun: 1270.H. Setelah Hafal Qur`an, beliau beserta ayahnya pergi ke Haromain As Syarifaiin. Berguru kepada:

1. Syaikh Muhammad Sa`iid Babashiil.
2. Syaikh Sayyid Ahmad Zaini Dahlan.
3. Syaikh Sayyid Husain Bin Muhammad Al Habsyi.
4. Belajar ilmu Hadits dari Sayyid Muhammad Bin Ja`far Al Kattaani.

Kemudian mendapatkan kepercayaan untuk mengajar dimasjidil Haram. Syaikh Umar wafat pada tahun: 1354.H.

D. Al Allaamah Ahmad Bin Abdillah Bin Muhammad Syihaabuddin Ad Dimasyqi Al Mukhollilaati. Beliau adalah seorang Ahli Qiro`ah dan pakar Hadits. Lahir pada tahun: 1287.H. Beliau mengawali belajarnya disekolahan " Khoyyathiin ", kemudian disekolah "Nuuruddin As Syahiid". Belajar juga dengan ulama-ulama Syaam, seperti:

1. Syaikh Abi Al Fath Bin Abdurrohim Al Khothiib.
2. Sayaikh Sulaim Al `Atthor.
3. Syaikh Badruddin Al Hasani( ulama ahli Hadits) dll.

Kemudian pergi kemakkah pada tahun: 1303.H, sampai pada sekolahan Sholatiyyah dan bertemu dengan para ulama besar. Syikh Mahfudz juga memberikan ijazah `Aammah terhadap beliau. Karangan- karangan syaikh Ahmad diantaranya adalah:

1. Nudzum fi qiro`ati Ibni Katsiir.
2. Asssiroojul Muniiir fi Syarhi Mandzumati Li qiro`ati ibni katsiir.
3. Al Maqooshid al Hamidiyyah.
4. Al Jauharul maknun fi i`robi Kun Fayakuun.

Syaikh Ahmad Bin Abdillah Bin Muhammad wafat pada tahun: 1362.H.

E. Al Allaamah Al Hafidz Muhammad Habiib Bin `Abdillah Bin Ahmad Ma Ya`ba Al Janki Asysyinqiithi( Mouritania). Lahir di Mouritania pada tahun: 1295.H. Belajar kepada ulama-ulama terkemuka didaerahnya, seperti:

A. Al Hafidz Muhammad Amiin Al Janki.
B. Al Allaamah Ahmad bin Ahmad Bin Al Hadi.

Kemudian melanjutkan pengmbaraannya ke Marokisy( Maroko), al Faasi ( Maroko), Damaskus, Hijaz dan Mesir.
Karangan-karangan beliau banyak sekali, yang mana diantaranya adalah:

1. Daliilussaalik Ila Muwattho` Imam Malik.
2. Zaadul Muslim Fiima Ittafaqo `Alaihi Al Bukhoori wa Muslim.
3. Anwaarunnafahaat Fii Syarh Nadzmil waroqot.
4. Ibroozuddurri Al Mashuun `Ala Al Jauharil Maknuun.

Beliau wafat diMesir pada tahun: 1363.H.

F.Al Allaamah Muhammad Baaqir Al jaawi Al Maroqi ( Jawa Tengah ). Diantara guru-guru Syaikh Baaqir adalah:

1. Ayahnya sendiri.
1. Syaikh Mahfudz At Tarmasie.
2. Syaikh Abdul Kariem Ad Daghotstaani.
3. Syaikh Dimyathy( saudara kandung Syaikh Mahfudz At Tarmasie).

Guru-guru beliau adalah salah satu pengajar yang berada di masjidil Haram. Syaikh Baaqir wafat di makkah pada tahun: 1363.H.

G. Al Allaamah Syaikh Baaqir Bin Muhammad Nur Bin Faadil Bin Ibrohim Al Jogjawi( Jogjakarta). Lahir dikota Jogja pada tahun: 1306.H, kemudian pergi menuntut ilmu keMakkah Al Mukarromah. Berguru kepada Syaikh Mahfudz At Tarmasie, Syaikh Ahmad Bin Abdullathiif Al Minangkabawi( Minangkabau), Sayyid Husain Ibnu Muhammad Al Habsyi. Guru-gurunya memberikan izin untuk mengajar di Masjidil Haram. Banyak sekali para penuntut ilmu yang berguru kepada beliau. Termasuk karangan beliau yang terkenal yaitu: " Taroojum `Ulama` Indonisi ".

Beliau wafat dimakkah pada tahun 1363.H.

H. Al Allaamah Syaikh Muhammad Abdul Baaqi Bin Ali Bin Muhammad Mu`iin Al Ayyuubi Al Laknawi. Lahir di Laknahu tahun :1286.H, Hafal Al Qur`an dibawah bimbingan Syaikh Ja`far Ali Al Baswani. Belajar ilmu- ilmu fiqh asasi kepada mertuanya, yaitu Syaikh Abdul Wahab Bin Muhammad Abdurrozaq Al Anshory. Belajar ilmu Arobiyyah kepada Sayyid Hamzah An Naqowi, serta mendapatkan ijazah dari ulama-ulama besar. Seperti, Syaikh Abdul Hayyi Al Laknawi, Syaikh Ali Al Qudlot, Syaikh Fadl Rahman Bin Ahlullah Al Murod Abaadi. Kemudian berpetualang menuntut ilmu ke Haromain pada tahun: 1322.H. Disana beliau banyak belajar kepada ulama-ulama Makkah dan Madinah, yang man asalah satunya Syaikh Mahfudz At Tarmasie. Syaikh Abdul Baaqi mempunyai banyak karangan, diantaranya seperti:
a. Risaalatussa`aadah Fii Syarhi Risaalatul Adab.
b. Al Minahul Madaniyyah Fii Madzhabi As Shuufiyyah.
c. Tuhfatul Maajid Bihukmi Sholatil Janazah Fil Masaajid.

Syaikh Abdul Baaqi wafat dimadinah pada tahun:1364.H.

I. Al Allaamah Muhammad Haasyim Asy`ari Al Jombani( Jombang) As Syaafi`i. Beliau lahir pada tahun 1282.H, disebuah desa daerah jombang- jawa Timur. Setelah hafal Qur`an, beliau lantas belajar ilmu fiqh, nahwu dan shorof kepada Syaikh Kholil Bin Abdullah Thoif Al Bankalani( Bangkalan- Madura). Setelah itu beliau pergi melanjutkan studinya ke Makkah Al Mukarromah kurang lebih selama enam tahun. Di Makkah beliau berguru kepada Syaikh Mahfudz At Tarmasie. Masa itupula Syaikh Mahfudz dijuluki sebagai ketua ulama-ulama Makkah Al Mukarromah. Selain itu syaikh Haasyim `Asy`ari juga berguru kepada Sayyid `Alawy Bin Ahmad As Saqqof, Sayyid Husain Bin Muhammad Al Habsyi dan ulama lain. Kemudian Syaikh hasyim pulang ke kampung halamannya pada tahun 1314.H. Setelah itu beliau aktif mengajar dipondok pesantren yang didirikan oleh Ayahnya. Pasca kepulangan Syaikh Hasyim, pondok pesantren beliau menjadi terkenal. Hingga banyak sekali Para ulama yang berdatangan tuk menimba ilmu agama dari beliau. Setelah beberapa waktu, Syaikh Hasyim mendirikan " Jam`iyyah Nahdlotul Ulama". Atau yang terkenal sebutan Nahdlotul Ulama (NU) dan beliau menjadi ketuanya. Syaikh Hasyim Asy`ari wafat di Jawa Timur pada tahun 1366.H.

J. Al Allaamah Umar Bin Hamdan Bin Umar Al Mahrosi Al Madani Al Makki. Beliau adalah seorang ulama ahli Hadits yang lahir pada tahun:1291.H. Belajar Al Qur`an dan asas- asas ilmu agama dari Ulama setempat. Kemudian Beliau bersama ayahnya pergi ke tanah Hijaz, kira- kira pada tahun 1304.H.

Guru- guru beliau dimakkah antara lain adalah:

a. Syaikh Abul Hasan Ali Al Watri.
b. Al Allaamah Ahmad Bin Isma`il Al barzanji.
c. Syaikh Muhammad Bin Ja`far Al Kattaani( ulama hadits) dan lain sebagainya.

Termasuk Syaikh Mahfudz adalah salah satu guru yang memberikan ijazah kepada muridnya yang bernama Syaikh Umar Bin Hamdan. Termasuk karangan syaikh Umar yang terkenal adalah " Syarhul Alfiyyah Lil Imam Suyuthi Al misri". Syaikh Umar Bin Hamdan wafat pada tahun: 1368.H.

K. Al Allaamah Al Muhaqqiq Syaikh Ihsan Bin Abdillah Bin Muhammad Sholih Bin Abdirrohman Al jamfesi( Kediri- jawa Timur). Beliau adalah termasuk salah satu murid Syaikh Mahfudz At Tarmasie ketika menimba ilmu di Makkah Al mukarromah. Beliau mendapat ijazah `Aammah langsung dari sang guru at Tarmasie. Syaikh Ihsan juga belajar kepada Syaikh Zainuddin Bin Badawi As Sombaawi( Sumbawa) Al Indonisi Al Makki, dan sempat juga berguru kepada ulama terkemuka dijawa Tengah yang bernama Syaikh Umar Bin Sholih As-Samaaroni( Semarang- Jateng). Dan mesih banyak guru-guru beliau yang lain. Syaikh Ihsan wafat pada tahun:1374.H dijampes- Jatim. Termasuk karangan Syaikh Ihsan yang terkenal adalah kitab" Siroojut Thoolibiin". yang mana kitab tersebut pernah dijadikan mata pelajaran di Al Azhar- Cairo.

L. Al Allaamah Syaikh Abdul Muhiith Bin Ya`quub Bin Fanji As Sirbaawi( Cirebon- Jabar) Al Jawi Al Makki. Beliau dilahirkan di Surabaya- Jatim pada tahun:1311.H. Dan pada tahun 1329.H beliau melanjutkan studinya ke Hijaz( Makkah- Madinah). Beliau belajar ilmu nahwu, shorof, qiro`at serta kutubussittah kepada Syaikh Mahfudz At Tarmasie. Syaikh Abdul Muhiith juga berguru kepada Syaikh Sholih Umar As- Samaarooni( Semarang). Yang mana Syaikh sholih terkenal dengan sebutan "Mbah Sholih Darat". Salah satu Karangannya yang popular di Indonesia adalah " Majmu`urrosaa`il". Syaikh Abdul Muhiith sempat menimba ilmu kepada syaikh Abdussyakuur bin Jaliil As Sirbawi( Cirebon) dan ulama terkenal lain.
Beliau wafat di Jeddah pada tahun: 1384.H.

M. Al Allaamah Al Mu`ammar Syaikh Baidlowi Bin Abdil `Aziiz Bin Baidlowi Al Andonisi As Syaafii`I Al Lasemi( lasem- rembang –Jateng). Beliau dilahirkan dikota Lasem, kemudian berguru kepada:

a. Syaikh Harun As Saarooni( Sarang- Rembang- Jateng) kira-kira 10 tahun. Dan termasuk keturunan beliau yang terkenal sekarang adalah Syaikh Maimun Zubair dan syaikh Abdurrohiim.
b. Berguru juga kepada sayikh Muhammad Idris Solo- Jateng.
c. Syaikh Hasyim pandangan- kragan- rembang- Jateng.

Belum puas dengan ilmu- ilmu yang didapatkan dari para ulama Jawa, beliau lantas melanjutkan studinya ke Makkah. Disana berguru dengan syaikh mahfudz At Tarmasie selama empat tahun. Setelah beberapa waktu lamanya, beliau pulang kampong dan mendirikan sebuah pondok pesantren yang terletak di kota lasem- Rembang. Beliau wafat pada tahun: 1390.H.

N. Al allaamah Al Mu`ammar syaikh Ma`shum Bin Ahmad Bin Abdul Kariim Al Lasemi( Lasem- Rembang- jateng). Beliau lahir dikota lasem pada tahun: 1290.H. Kemudian berguru kepada:

a. syaikh Kholiil Bin Abdullathiif Al Bankalaani( Bangkalan- Madura- Jatim). Yang mana syaikh Kholiil `aalim dalam cabang ilmu nahwu.
b. Syaikh Umar Sholih As Samaaroni( Semarang – Jateng) dan para ulama lainnya.

Setelah itu beliau melaksanakan rukun islam yang kelima. Kemudian belajar kepada syaikh mahfudz at Tarmasie dan juga syaikh Muhammad ad Dimyathi( saudara kandung syakh mahfudz). Pasca kepulangan beliau di lasem, beliau menyebarkan ilmunya dikota yang sama. Hingga pada akhirnya menelurkan ulama- ulama nusantara yang terkenal. Syaikh ma`shum pulang kerahmatullah pada tahun:1333.H.

O. Al allaamah syaikh Abdul qodir Bin Shoobir Al Mandahili. Beliau dilahirkan pada tahun: 1283.H, beliau adalah salah satu dari ke lima belas ulama yang dipilih untuk mengajar dimasjidil haram. Yang mana bertepatan pada taun: 1333.H.

P. Al allaamah Shodiiq Bin Abdillah Bin Sholih Bin Muhammad Al lasemi Al Jambari( Jember –Jatim), beliau mukim di jember. Guru- guru beliau adalah: Syaikh Muhammad mahfudz at Tarmasie, syaikh Zainal `Abidin Badawi As Sombaawi( Sumbawa) dan syaikh Abdul Ghoni Subhi Al Bimawi.

Q. Al faqiih syaikh Abdul Wahhab Bin Hasbullah Al Jumbani( Jombang- Jatim). Beliau adalah salah satu ulama yang berkali- kali Ziaroh ke makkah dimusim-musim Haji. Dan beliau juga menyempatkan untuk menimba ilmu kepada syaikh Mahfud t Tarmasie. Syaikh Abdul Wahhab termasuk sekretaris syaikh Kholiil Al Lasemi( lasem- Rembang).

Karangan- karangan syaikh mahfudz At Tarmasie dari bermacam- macam cabang ilmu.

1. Is`aaful Mathooli` bi syarhi Al Badri Allaami` Nadzmi Jam`il Jawaami`.
2. Insyiroohul Fawa`aid fii qiroo`atil Imam Hamzah Riwayatai Kholaf wal Khollaad.
3. Al Badrul Muniir Fii Qiroo`atil Imam Ibnu Katsiir.
4. Bughyatul Adzkiya` Fil Bahtsi `An Karoomatil Auliyaa` Rodliyallah `Anhum.
5. Ta`miimul Manaafi` Biqiroo`til Imam Naafi`.
6. Tanwiirusshodri Fii Qiroo`til Imam Abi Amrin.
7. Tahai`atul Fikri Bi Syarhi Alfiyatussairi Lil `Irooqi rohimahullah Ta`aaala.
8. Tsulatsiyatul Bukhoori.
9. Al Khil`atul Fikriyyah Syarhul Minhatul Khoiriyyah.
10. Assiqooyatul Mardliyyah Fii Asaami Kutuubi Ashabina As Syaafi`iyyah.
11. `Inayatul Muftaqir Fiima Yata`allaqu Bi Sayyidina AlKhidir `Alaihissholaatu Wassalaam.
12. Ghunyatut Tholabah Bisyarhi Nadzmi At Thoyyibah Fil Qiroo`atil `Asyriyyah.
13. Fathul Khobiir Bisyarhi Miftahis Sairi.
14. Al Fawaa`idut Tarmasiyyah Fii Asaaniidil Qiroo`atil `Asyriyyah.
15. Kifayatul Mustafiid Fima `Ala Minal Asaanid.
16. Al Minahul Khoiriyyah Fi Arba`iina Haditsan Min Ahadiitsi Khoril Bariyyah Shollaallahu `Alaihi Wasallaam.
17. Manhaj Dzawin Nadzhor Fi Syarhi Mandzuumati `Ilmi Al Atsar.
18. Mauhibatu Dzawil Fadli `Ala Syarhil Muhtashor Bi Afdol. kitab tersebut terkenal dengan sebutan Hasyiyah At Tarmasie. Yang dinamai " Al Manhalul `Amiim Bi Haasyiyati Manhajul Qowiim Wa Mauhibatu Dzawil Fadli `Ala Syarhil `Allaamah Ibnu Hajar Al Haitami Al Azhari Al Anshoori As Syaafi`i.
19. Nailul Ma`muul Bi Haasyiyati Ghooyatil Wushuul Fi Ilmil Ushuul.

Beliau Semasa hidupnya, hari- harinya dihabiskan untuk belajar, mengajar serta mengarang. Beliau juga termasuk ulama yang " Mutafannin " diberbagai cabang ilmu-ilmu agama.
Beliau Wafat di hari Ahad, sebelum matahari terbenam. Yaitu tepatnya pada tahun,1338.H. Banyak sekali orang-orang yang ikut mengantarkan jenazah beliau ketempat peristirahatan terakhir. Beliau di makamkan didekat pekuburan keluarga "Syatho" Ma`la- Makkah Al Mukarromah. Semoga karya-karya beliau bermanfa`at, khususnya di nusantara tercinta…Amiin.

Cairo, Senin 28 Robi` Awwal 1433 H./20 Februari 2012 M.
Diterjemahkan oleh: Abdul Kholiq Lc.

0 komentar:

Posting Komentar